Harga Asus ZenFone 4 Bertenaga Intel Atom Dual Core Murah

Posted by helmi alaydrus on Kamis, Agustus 21, 2014

Advertisements.

Asus membuat gebrakan bersinar di pertengahan tahun 2014 ini dengan merilis tiga smartphone sekaligus, yakni ZenFone 4, ZenFone 5 dan ZenFone 6. Meskipun ketiga perangkat Android itu bernama sama, namun sebenarnya mereka tidak serupa dengan masing-masing miliki layar berbeda. Perbedaan harga dan kemampuan mengacu pada besaran layar masing-masing smartphone.

Diantara tiga nama tadi, ZenFone 4 yang ditugasi untuk mendominasi pasar Android menengah kebawah. Dan di harapkan ZenFone 4 ini akan memberi kesan positif bagi pembeli baru terhadap sederet spesifikasi yang ditawarkannya.

Sebenarnya ZenFone 4 hadir dalam dua varian, yakni model A400CG yang akan kita review sekarang memiliki layar seluas 4-inci dengan kamera belakang 5MP. Model lainnya ialah A450CG, belum tersedia, dengan bentang layar 4.5 inc dan kamera 8-megapiksel. Selebihnya kedua model ZenFone 4 ini memiliki spesifikasi yang sama.

Setelah kita terkesan dengan kehebatan Zenfone 5 dan Zenfone 6, yang hadir dengan nilai amat positif dengan harga terjangkau. Maka saatnya kita bedah ini ZenFone 4 ini.

Apakah Asus ZenFone 4?

Asus Zenfone 4 merupakan smartphone Android dengan harga terjangkau terbaru dari Asus. Mungkin spesifikasinya akan membuat tercengang terlebih lagi dengan harga yang bersahabat. Pastinya akan laku keras di tanah air.

Desain Asus Zenfone 4

Dengan harga antara Rp. 1.350.000 hingga Rp. 1.400.000, tentunya anda tidak perlu berharap kemewahan pada desain dan body si ponsel ini yang terlapis hanya dengan plastik. Tidak ada kesan mewah dan mahal. Sisi baiknya adalah ZenFone 4 amat ringan, ringkas dan agak kecil.

Namun begitu, desain minimalis Asus pada ZenFone 4 menghasilkan ponsel murah dengan tampilan mempesona. Tiada desain wah disini, bagian bawah muka si ponsel terhadap teksture lingkaran konsentrik yang juga terdapat pada perangkat tablet Transfomer dan Ultrabooks yang lebih mahal.

Zenfone 4 bukan merupakan perangkat ponsel yang ramping, ketebalannya 11.2mm, namun lebih murah, layar lebih kecil.

Asus Zenfone 4 – layar dan fitur

Satu elemen yang penting untuk di amati dari ZenFone 4 sebagai ponsel low-end ialah layarnya, bukanlah bentangan 4-inci namun resolusinya.

Layar berpiksel 800 x 480, merupakan sebuah resolusi yang seringkali dipotong-potong oleh pabrikan lain agar harganya murah. ZenFone 4 gunakan layar TFT, namun kualitas layarnya tergolong bagus dikelasnya. Warna-warna yang dihadirkan tidaklah burem meskipun kedalaman density terbatas.

Prosessor

Tenaga prosessor-nya tergolong amat bagus diantara entry-level Android lainnya. Ia tidak menggunakan prosesor dari nama besar seperti Qualcomm atau sebuah chip dari sebuah perusahaan yang sering di gunakan pada smartphone budget seperti MTK. Akan tetapi ZenFone 4 gunakan sebuah chip Intel Atom, sebuah dual-core berkecepatan 1.2Ghz Z2520. Sejauh saya gunakan, semua eksekusi dan proses data berjalan lancara, bahkan aktivitas browsing amat mulus, semua itu langka di dapat dari perangkat yang amat murah seperti ini.

Memory Internal

Anda hanya mendapat besaran 4GB memory internal, namun ada sebuah slot kartu memory microSD dibawah kover baterai plastik ponsel ini. Covernya tersedia dalam 5 warna pilihan yakni biru, kuning, merah dan putih juga hitam. Sedangkan konektivitasnya tergolong umum, yakni ada GPS, Wi-Fi, Blutooth tanpa NFC.

Sistem operasi dan antarmuka (UI)

Versi ZenFone 4 yang saya uji coba gunakan Android 4.3, d topang oleh antarmuka ZenUI yang baru. Namun secara umum, ZenUI tidaklah sebagus tampilan standar Android secara umum. Satu lagi, bahwa Zenfone 4 akan mendapat upgrade ke Android 4.4 atau si KitKat.

Baterai

Area ini sedikit mengecewakan, tepatnya kurang pas dibanding dengan spesifikasi hebat lainnya karena hanya tenaga 1200mAh dibekali oleh Asus. Anehnya Asus lebih senang memberikan dua baterai masing-masing 1200mAh pada Asus ZenFone 4 dibandingkan menggabungkannya dalam 1 baterai namun dengan daya diatas 2000 mAh. Tentu pertimbangan dua baterai berkaitan erat dengan pemangkasan biaya.

Kamera

Fitur terakhir yang akan kami ulas dari ZenFone 4 ialah keberadaan dua serangkai kamera, kamera belakang dipersenjatai dengan 5 MP dengan sebuah sensor VGA basik di bagian depan. Tidak ada flash dan anda tidak perlu berharap banyak akan kualitas gambar yang akan ponsel ini berikan kepada anda. Namun begitu ponsel dengan harga semurah ini memang umumnya tidak member perhatian besar pada kamera depan.

Asus ZenFone 4
Harga Asus Zenfone 4

Harga Zenfone 4 saat ini, Agustus 2014, ialah pada kisaran Rp. 1.3 hingga Rp. 1.4 jutaan tergantung garansi dan orientasi pedagang.

Spesifikasi lengkah Asus ZenFone 4

Status, Body & Display
AnnouncedJan 2013
StatusTersedia di Indonesia
Dimensions124.4 x 61.4 x 11.2 mm
Weight115 grams
Display Size4.0 inches
ColorsBlack, White, Red, Yellow, Blue
TechnologyTFT, Capacitive Multi-Touch
Resolution800 x 480 pixels, 16M, 233PPI
ProtectionCorning Gorilla Glass 3
Hardware & Memory
OSAndroid 4.3 > 4.4
ProcessorIntel Atom Z2520
CPU1.2GHz, Dual-Core
GPUPowerVR SGX544MP2
RAM1GB
Internal Memory4GB
Memory Slot64GB
Camera
Rear5.0MP (2592 x 1944 pixels)
Front0.3MP (640 x 480 pixels)
Video Recording1080p
Main FeaturesAuto Focus, Touch Focus, Face Detection, Smile Detection, Panorama
Connectivity
SIMDual
2G900, 1800, 1900, 2100 MHz
3G1900, 2100 MHz
4GNo
SensorsAccelerometer, Proximity
OthersGPS, Wi-Fi, USB, Bluetooth
Battery
Capacity1600 mAh
Standby192 hours
Talktime10 hours
Highlights
- Available in several colors
- 1GB of RAM
- Upgradeable to 4.4 OS
- 5MP with pixelmaster technology
- Corning gorilla glass 3
- Intel atom 1.2GHz processor
- Dual SIM option
Telah beres sudah mengupas semua tentang Zenfone 4, baik dari review berserta spesifikasi lengkapnya dan yang tidak kalah penting ialah harga Asus Zenfone 4 ini, dikarenakan besaran rupiah amatlah pengaruhi keputusan kita untuk membeli sebuah smartphone Android idaman yang terdaulat dalam slogan ASUS ZenFone smartphone Android terbaik masa kini. Bukan begitu kawan?

Advertisements.

BBM Mod Android
BBM Mod AndroidUpdated: Kamis, Agustus 21, 2014