Jumat, 10 Juni 2016

Cara Jitu Membedakan Antara Xiaomi Asli Dan Xiaomi Palsu

Berikut ini adalah cara jitu membedakan antara Xiaomi asli dan Xiaomi palsu, bagi rekan yang ingin membeli ponsel Xiaomi yang sedang ngetop di tanah air.

Sebaiknya anda tahu terlebih dahulu mengenai keaslian Xiaomi yang ingin anda beli itu. Jangan sampai menyesal kemudian di karenakan ternyata Xiaomi yang anda beli ternyata palsu. Rugi bukan kawan?

Cara Jitu Membedakan Antara Xiaomi Asli Dan Xiaomi Palsu
Menjadi popular tidak selalu bagus, begitupun terhadap ponsel Xiaomi ini, contohnya fakta sekarang ini dimana ponsel tersebut banyak di palsukan, dan semakin hari meningkat saja jumlahnya.

Kini banyak sekali ponsel Xiaomi palsu tersebar dipasaran dan di distribusikan keseluruh dunia. Dan Indonesia merupakan pangsa pasar potensial yang menjadi target para pembuat ponsel Xiaomi palsu. Oleh karenanya sebelum membeli ada baiknya anda mengetahui langkah-langkah dan cara jitu membedakan antara Xiaomi asli dan Xiaomi palsu. Berikut adalah keseluruhan caranya silahkan dibaca dan di pelajaria.

7 cara jitu membedakan antara Xiaomi asli dan Xiaomi palsu.


1. Aplikasi Mi Verification.

Metode aplikasi verifikasi MI.

Tool / aplikasi anti palsu berupa verifikasi MI Xiaomi.

Aplikasi XIaomi MI Verification
Karena sadar begitu banyaknya Xiaomi palsu bertebaran di pasaran, pihak Xiaomi merilisi sebuah aplikasi Android resmi milik mereka untuk membantu penggantu dengan mudah mengecek apakah ponsel MI mereka asli atau palsu.

Lebih lanjut, tetap ada masalah pada performa aplikasi ini, dikarenakan terdapat laporan dari sejumlah pengguna Xiaomi Redmi mengatakan bahwa ponsel mereka gagal dalam tes aplikasi MI Verification ini.

Namun jangan kecil hati dulu, aplikasi ini tetap pantas untuk dicoba, anda bisa mengunduh aplikasi ini melalui apk MI Verification disini.

Setelah anda unduh maka install aplikasi ini di ponsel anda. Kemudian buka aplikasinya dan tap pada Turn On Performance On. Berikutnya, tap pada tombol Scan and Verify.

Selanjutnya gunakan laptop atau ponsel anda yang lain kemudian kunjungi alamat ini; http://jd.mi.com dan lakukan scan pada QR code. Tunggu hingga aplikasi ini melakukan verifikasi pada ponsel Xiaomi anda.

2. Cara autentikasi label.
Cara Membedakan Xiaomi Asli Atau Xiaomi Palsu

Autentikasi label / authentication label merupakan sebuah cara yang dapat anda dapatkan pada box ponsel anda.

Okelah sekarang ambil box ponsel Xiaomi anda dan temukan label itu.

Jika anda menemukannya maka gores labelnya untuk memunculkan kodenya. Selanjutnya kunjungi http://www.mi.com/verify/?&lan=en dan masukan kode di dalam box untuk verifikasi. Lihat gambar berikut ini.

Cek Xiaomi Asli Artau Xiaomi Palsu
Catatan. Namun begitu, bisa jadi anda tidak temukan label ini jikalau anda membeli Xiaomi dari penjual yang mendapatkannya produk dari toko pihak ketiga

3. Cek versi ROM MIUI.

Cara mengetahui Xiaomi Asli Atau Xiaomi Palsu
Kebanyakan ponsel Xiaomi palsu dilengkapi dengan custom ROM Android -- bukan stock ROM atau firmware resemi. Oleh karenanya anda bisa melakukan pengecekan dengan ini. Caranya mudah sekali silahkan buka ponselnya kemudian menuju Settings.

Kemudian lihat baik-baik versi MIUI dan kemudian lakukan Googling, kemudian tanya ke Google harusnya model ponsel Xiaomi yang ingin anda beli menggunakan versi MIUI apa.

Gambar diatas merupakan contoh Xiaomi palsu, karena tidak ada versi MIUI v6.3.6.0 dan adalah hal mustahil bagi Mi Note mempunyai RAM sebesar 9GB.

4. Install stock MIUI ROM

Hal yang perlu anda ketahui dan mengeri ialah, bahwa ponsel palsu tidak akan bisa menginstall stock ROM / firmware dari pabrikan pembuat si ponsel / tablet. Begitupun yang terjadi dengan Xiaomi, jika ponsel Xiaomi palsu maka tidak bisa menginstall stock ROM MIUI resmi karena akan langsung membuat ponsel tersebut brick.

Karena saat terjadi proses instalasi stock ROM, sistem akan melakukan sejumlah cek parameter. Contohnya mengecek codename, koordinasi hardware, dan sebagainya. Jika tidak sesuai, maka proses instalasi akan berhenti, dan sistem akan menyimpulkan bahwa ROM ini bukan untuk perangkat yang dimaksud, alhasil akan terjadi brick.

Maka install stock ROM MIUI yah.

5. Perbandingan fisik antara Xiaomi asli dan palsu.


Perbedaan Logo Xiaomi Asli Dan Xiaomi Palsu

Ini merupakan hal paling sederhana untuk dilakukan dan dapat dilakukan sebelum melakukan cek apapun. Namun begitu cara ini membutuhkan keahlian observasi juga pengetahuan mengenai karakteristik fisik dari Xiaomi asli seperti pada faktor dimensi, kualitas bentuk, logo Mi, dan sebagainya. Dengan begitu akan lebih mudah mengetahui perbedaannya. Lihat gambar diatas sebagai contoh. Yang golden merupakan Mi Note Pro asli, sedangkan yang perak / silver adalah palsu.

Lihat pula perbedaan pada logo Mi. Juga kualitas bentuk dari kamera dan cahaya flash.
Perbedaan Kamera Flash Xiaomi Asli Dan Xiaomi Palsu

Bentuk Xiaomi Asli Dan Xiaomi Palsu

6. Lakukan tes benchmark.

Xiaomi Asli Dan Xiaomi Palsu Google Play Store Android

Xiaomi Asli Dan Palsu Antutu Benchmark Google Play Store

Unduh aplikasi benchmark AnTuTu dari Google Play Store, kemudian lkaukan tes benchmark cepat ke ponsel anda. Kemudian catat skorenya dan kemudian Googling untuk merivikasi skorenya. Intinya, jikalau skore benchmark anda sedikit berbeda -- entah lebih tinggi atau lebih rendah maka ponsel Xiaomi anda asli.

Namun jika perbedaannya amat jauh atau signifikan maka ponsel Xiaomi anda adalah palsu atau imitasi.

Lihat gambar diatas, yang pertama adalah asli sedangkan yang kedua adalah palsu.

7. Cek harga.

Ini faktor penting yang patut di jadikan acuan yang dapat membantu kita mencapai kesimpulan apakah ponsel Xiaomi asli atau palsu. Jika harganya terlalu murah maka patut di curigai, kemungkinana besar adalah Xiaomi palsu.

Untuk memancing calon pembeli, maka penjual Xiaomi palsu memasang harga amat murah. Dan bandingkan dengan harga Xiaomi asli dipasaran. Jika selisih harganya terlalu jauh maka bisa dipastikan itu adalah Xiaomi palsu.

Itulah keseluruhan cara jitu membedakan antara Xiaomi asli dan Xiaomi palsu untuk anda jadikan pegangan jika ingin membeli ponsel Xaiomi yang kini sedang naik daun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar