Minggu, 26 Juli 2015

Cara Backup Chat Di Viber

Cara backup chat di Viber komplit. Aplikasi chat Viber kini semakin populer saja, terlebih lagi ketika ia bisa digunakan di perangkat Android membuatnya semakin banyak mendapat user hampir setiap hari. Di karenakan berbagai fitur keren dan bagus ia tawarkan.

Tampilan / interface chat yang bagus dan fresh di lengkapi dengan begitu banyak emoticon lucu membuat Viber langsung mendapat perhatian besar, terlebih lagi ia menyediakan fitur call untuk menelfon kontak dengan gratis pulsa. Di samping bisa call anda bisa pula melakukan video call.

Viber juga menyediakan chat secara ber-grup dimana anda bisa partisipasi berbincang ria dalam sebuah grup maksimal 100 orang peserta. Wah rame banget yah, pastinya akan ribut, riuh dan seru jalannya perbincangan.

Viber
Nah setelah menggunakan Viber sekian lama, tentu banyak perbincangan dan data yang telah anda lakukan. Lalu mau diapakan data dan perbincangan itu? Anda ingin menyimpannya? Jika begitu maka anda bisa ikuti langkah-langkah menyimpan perbincangan di Viber dengan ikuti langkahnya berikut ini.

Cara backup chat Viber komplit


Di sini anda akan dapati 3 cara yang dapat digunakan untuk menyimpan chat Viber, yakni sebagai berikut.
  • Menggunakan opsi built-in Viber yakni; Email message history.
  • Menggunakan aplikasi Backup Text for Viber dari Google Play Store.
  • Menginstall versi desktop Viber dan kemudian menyimpan pesan tertentu secara manual atau sebagian chat saja.
Terserah anda mau pilih cara yang mana, pilih yang menurut anda paling akomodatif buat anda, oke?

1.Cara menyimpan / backup chat Viber dengan opsi built-in.

  1. Jika anda membuka settings Viber di Android, maka scroll kebawah hingga dapati opsi bertuliskan Email message history.

    Backup Perbincangan Viber
  2. Tap opsi itu akan menciptakan sebuah file backup dari semua perbincangan yang ada di riwayat chat.
  3. Tergantung aplikasi yang telah anda install di Android anda, ada sejumlah opsi yang di tawarkan Viber untuk mengirim riwayat chat anda, bisa dengan email, Box, Evernote, Skype dan sebagainya.

    Backup Chat Viber
  4. Umumnya riwayat chat biasanya di kirim sebagai sebuah file Zip dimana didalamnya berisi semua perbincangan / chat sebagai file-file berekstensi  CSV yang terpisah.
  5. Beres semua chat Viber terbackup.
2. Cara backup / menyimpan chat Viber menggunakan aplikasi bernama Backup Text for Viber.

Backup Text for Viber merupakan sebuah aplikasi bagus untuk backup chat Viber dikarenakan anda dapat melakukan kostumisasi berguna untuk ekspor riwayat chate. Secara garis besar ia menawarkan sejumlah opsi berikut ini.
  1. Menyaring chat berdasarkan perbincangan.
  2. Menyaring chat berdasarkan tanggal.
  3. Menyaring chat berdasarkan tipe pesan (Pesan masuk, maupun pesan keluar, atau keduanya).
  4. Tipe file pesan telah di expor (Teks normal, Excel, Perbincangan HTML, Tabel HTML, CSV).
  5. Ekspor tujuan; ke SD Card atau ke email.
Backup Text For Viber Android
Anda tertarik? Silahkan install Backup Text for Viber di Google Play Store.
Ada juga aplikasi Android yang menawarkan nyaris sama yakni aplikasi Viber to PDF yang tidak hanya membackup chat Viber namun mampu merubah / konversi seluruh perbincangan menjadi PDF termasuk foto, lokasi dan juga teks. Jika tertarik silahkan install aplikasi ini di situs Mobogenie.

Viber To PDF Backup Chat Viber Android
3. Cara backup / simpan chat Viber menggunakan versi desktop.

Terserah sistem operasi apa yang anda gunakan baik itu Windows atau Mac, mungkin anda sebaiknya menginstall pula versi desktop dari Viber.

Viber Untuk Desktop
Bagi yang menggunakan versi komputer Viber dan telah install di komputer, selain menggunakan versi untuk perangkat mobile, maka akan sangat mudah untuk memilih dan ekstrak bagian perbincangan di viber yang ingin di backup, atau juga membackup seluruh berbincangan di Viber.

Jika tertarik maka silahkan download dan install Viber versi desktop di situs resmi aplikasi ini.

Kesimpulan.

Meskipun cara backup Viber tersedia dalam beragam cara, namun saat ini (saat posting saya tulis) belum ada opsi untuk restore backup tersebut. Karena jika ada backup namun tidak dilengkapi restore akan kurang lengkap rasanya.

Ini mungkin membingunkan karena ada backup tapi tidak ada fitur restore seperti di WhatsApp, silahkan lihat cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus. dimana kita tinggal klik tombol restore maka semua pesan WhatsApp yang telah dibackup akan muncul.

Untuk atasi masalah itu, sebagai solusi sementara maka bisa gnakan aplikasi Titanium Backup yang mampu untuk restore dari backup chat Viber yang kita simpan, jadikan ini sebagai solusi alternatif hingga pengembang Viber menyediakan opsi restore di versi berikutnya. Okey?