Cara Paling Lengkap Install File APK Di Android

Posted by helmi alaydrus on Minggu, Juli 26, 2015

Advertisements.

Bagaimana cara paling lengkap install file APK di Android (Sideloading). Paket file Android umumnya di kenal dengan singkatan dalam format file APK (.apk) dari file yang dapat di install pada platform Android. Setiap aplikasi yang telah kita install atau ingin kita install di perangkat berbasis Android memiliki ekstensi .apk atau format file.

Anda dapat menginstall aplikasi dari Google Play Store atau bahkan dari Appstore Amazone namun anda dapat pula menginstall aplikasi langsung ke perangkat Android tanpa harus melalui toko-toko aplikasi yang telah saya sebutkan tadi. Bahkan jika anda ingin menginstall aplikasi dari AppStore Amazon menggunakan perangkat yang bukan Kindle anda diharuskan pula menginstall file APK langsung dari AppStore itu.

Dalam dunia Android, menginstall sebuah APK langsung disebut sideloading. Anda sejumlah alasan kenapa sebagai pengguna Android anda harus mengetahui cara install file-file berbasis APK di Android. Karena tidak semua pabrikan ponsel / tablet Android mendukung Google Play Store di produknya yang menyebabkan anda tidak dapat gunakan Google Play Store contohnya Nokia X. Dalam kasus itu anda harus menginstall aplikasi menggunakan sideloading.

Bisa juga dikarenakan Google Play Store tidak mengijinkan anda menginstall sebuah aplikasi dikarenakan keterbatasan wilayah atau tidak menampilkan aplikasi di wilayah anda. Jika begitu, lagi-lagi sideloading atau install apk Android di perlukan. Dengan begitu anda bisa mendapatkan aplikasi yang anda inginkan.

Agar dapat sukses menginstall sebuah file apk Android atau sideload sebuah aplikasi, anda harus ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini.

Cara menginstall file apk di Android.


Persiapan.
  • Sebuah smartphone / tablet Android.
  • File Apk dari aplikasi yang ingin anda install.
Langkah-langkah menginstall file apk di Android.

  1. Enable Unknown Sources Android terlebih dahulu. Dengan menuju Settings -> Unknown Sources.

    Unknown Sources Android
  2. Download file APK ke komputer lalu transfer ke smartphone / tablet Android anda.
  3. Setelah itu, anda temukan file apk yang telah anda transfer ke smartphone / tablet Android. Misalkan anda ingin install apk Framaroot, maka tinggal di klik file apk-nya seperti gambar berikut ini.

    Install APK Android
  4. Lalu akan muncul box baru, anda pilih install.

    Cara Install Framaroot Apk Android
  5. Proses instalasi akan dimulai, tunggu hingga selesai.
  6. Setelah selesai, akan muncul box baru anda tekan Open jika ingin langsung membuka aplikasi yang baru anda install itu, kawan.
  7. Selamat anda telah berhasil menginstall file apk di Android atau melakukan sideloading di perangkat berbasis Android milik anda.
Sebagai uji coba silahkan install WhatsApp apk.

Peringatan.

Seperti OS mobile lainnya, OS Android juga disukai oleh virus dan malware. Menurut laporan terdapat nyaris 99 persen malware yang menargetkan Android. Oleh karenanya, agar anda selalu melakukan penyelidikan mengenai kredibilitas website sebagai sumber dari file apk yang ingin anda download dan install ke perangkat Android anda.

Lebih baik menggunakan website sudah resmi dan terkenal seperti Google Play Store dan Amazone AppStore untuk menginstall aplikasi, namun jika anda terpaksa harus menginstall secara langsung (Sideload) pastikan apk-nya dari sumber yang terpercaya. Ingat, anda harus selalu membaca izin (Permission) dibutuhkan sebelum mengklik tombol Install.

Terkadang para hacker menyamarkan sebuah virus atau malware sebagai aplikasi favorit anda. Setelah terinstall, ia akan mengacau sistem Android anda, dan yang lebih buruk lagi, mencuri data pribadi seperti password dan akun kartu kredit, Google Plus, Twitter, Facebook, rekening bank dan lainnya. Selalu ekstra hati-hati terhadap apa yang akan anda install di smartphone atau tablet Android milik anda.

Kesimpulan.

Menginstall file Apk ke Android anda merupakan perkara sederhana dan proses langsung. Aktivitas ini sama sekali tidak membutuhkan software tambahan atau modifikasi. Anda cukup enable opsi Unknown Sources agar ponsel atau tablet Android siap untuk sideload.

Sekali lagi, jangan menginstall file-file APK yang meminta izin (permission) ekstra. Banyak sekali aplikasi malware yang ingin mencuri informasi pribadi milik anda yang dapat digunakan untuk tujuan jahat. Selalu gunakan antivirus dan mengupdatenya untuk menghadapi ancaman-ancaman yang berpotensi itu kawan.

Jika anda merasa ragu dan curiga, maka batalkan niat untuk menginstall sebuah apk di Android. Tidak perlu mengambil resiko. Dan membahayakan data-data anda yang berharga itu. Selalu hati-hati dan jangan sembarangan mendownload dan menginstall apk yang bagi anda menarik dan temukan di internet. Sampai jumpa lagi di posting-posting blog Om Nagib berikutnya.

Advertisements.

BBM Mod Android
BBM Mod AndroidUpdated: Minggu, Juli 26, 2015