Sabtu, 26 September 2015

Cara Mempercepat Waktu Shut Down Windows 7, Vista, 8 Tanpa Software

Cara mempercepat waktu shut down Windows 7, Vista, 8 tanpa software. Jika shutdown komputer Windows anda terasa lama, maka anda bisa mempercepatnya dan tanpa perlu software apapun untuk itu.

Anda dapat mempercepat waktu shut down dari registry di komputer Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8. Anda hanya perlu ikuti langkah-langkah yang akan saya rekomendasikan untuk mempercepat waktu shutdown komputer Windows.

Cara mempercepat waktu shut down Windows Vista, 7 dan 8 tanpa software

  1. Buka registry (Regedit) dengan 2 cara, pilih salah satunya saja, yaitu dengan begini;
    • Dengan menuliskan regedit di box search Start.
      Regedit
    • Atau anda bisa tekan Windows + R di keyboard.
      Windows + R
    • Kemudian ketik regedit di box Run.
      Regedit Di Run
  2. Setelah berada di regedit, anda menuju HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Control. Di bagian kanan anda akan temukan WaitToKillServiceTimeout. File ini memiliki sebuah nilai (value) antara 12000 hingga 20000. Itu adalah miledetik yang diperlukan Windows untuk shutdown. Jadi 20000 berarti 20 detik, sedangkan 12000 berarti 12 detik.

    Registry Edit Mempercepat Shut Down Windows
  3. Anda klik pada WaitToKillServiceTimeout untuk membuka jendela Edit String. Disitu anda bisa merubah angka pada box data Value. Guna mengurangi beberapa detik, masukan angka lebih kecil setelah itu tekan Ok.

    Rubah Value Data Percepat Shut Down Windows
  4. Komputer Windows 7 saya menyetel waktu shut down selama 12 detik (12000) secara default. Dan saya rubah menjadi 5 detik (5000). 
  5. Ingat! Angka tidak boleh 1000 (satu detik) atau bahkan lebih kecil lagi karena hal itu mustahil bagi Windows untuk shut down selama 1 detik atau kurang dari itu. Buatlah angka wajar misalkan 5 detik (5000) atau 6 detik (6000). Gitu kawan.
Langkah hal sama seperti di atas pada registry berikut ini.
  • HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Desktop –> HungAppTimeout
  • HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Desktop –> WaitToKillAppTimeout
Setelah beres kini anda bisa tutup registry editor (regedit) di Windows anda, dan shut down komputer Windows anda kini anda akan rasakan proses waktu shut down akan lebih cepat beberapa detik dari biasanya. Seperti biasa sampai jumpa di posting-posting blog Om Nagib berikutnya.