Selasa, 19 April 2016

Cara Install ADB & Fastboot Di Komputer Termudah

Cara install ADB & Fastboot di komputer merupakan topik kali ini, gunanya untuk melakukan sejumlah aktivitas yang dikategorikan sebagai optimasi pada OS Android.

Jika anda pernah modding atau root Android milik anda, maka besar kemungkinan anda pernah mendengar nama ADB dan Fasboot.

Kedua tool itu kerap digunakan untuk mengirim perintah terminal dari sebuah komputer dalam bentuk baris perintah ke smartphone / tablet Android.

Cara Install ADB & Fastboot Di Komputer Termudah
Apakah ADB?

ADB merupakan singkatan dari Android Debug Bridge. Tool ini berkerja ketika sebuah smartphone Android menyala dan boot ke dalam iOS atau recovery.

Tool ini kemudian membantu mengirimkan sejumlah perintah dasar linux, dan juga beragam perintah spesifik Android dari komputer ke perangkat Android yang terhubung dengannya.

Apakah Fasboot?

Fastboot merupakan tool yang lebih solid dibandingkan ADB dan berkerja hanya pada mode bootloader/fasboot. Ia memungkinkan kita untuk melakukan re-flash pada sistem partisi pada sebuah smartphone / tablet Android dan perangkat Android tersebut sudah dalam keadaan unlock bootloader.

Tool ini amat bermanfaat ketika anda ingin melakukan update secara manual atau dalam kasus tertentu ketika anda secara tidak sengaja melakukan sesuatu yang akibatkan soft-brick pada hp Android dan harus menginstall sebuah stock system image baru.

Gunakan software ADB Installer untuk komputer Windows.


Namun, menginstall dan menyeting ADB dan Fastboot bisa menjadi hal membingunkan di komputer Windows. Untungnya seorang member XDA bernama Snoop05 telah mengembangkan sebuah program kecil yang dapat dengan cepat menginstall file-file ADB dan Fasboot di komputer bersama dengan seluruh drivernya.

Ikuti instruksi untuk download dan instalasi dibawah ini.

Bagaimana caranya menginstall ADB & Fasboot di komputer dengan cepat?


Silahkan rekan semua download ADB Installer 1.4.2.

Jika versi diatas tidak berfungsi dengan baik, maka gunakan ADB installer versi 1.3 saja.

  1. Setelah itu klik dua kali pada file adb-setup-1.4.2.exe.
  2. Anda akan dapati sebuah window command prompt dengan background berwarna biru. Pilih Yes untuk semua prompt pada layar ini.
    (Untuk Yes maka ketik Y dan tekan enter)
    .
    ADB Installer Windows
Setelah ADB & Fastboot berserta drivernya terinstall, maka sebuah window setup akan tertutup secara otomatis dan hasilnya anda akan memiliki sebuah ADB dan Fasboot setup berkerja di sistem komputer anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar