Selasa, 28 Juli 2015

3 Cara Atasi Insufficient Storage Available Di Android

3 cara atasi Insufficient Storage Available di Android. Jika smartphone atau tablet Android anda menolak untuk menginstall aplikasi baru atau mengupdate aplikasi yang ada ke versi baru, dikarenakan tidak ada lagi space cukup untuk kedua aktivitas itu seperti yang di alami teman saya maka anda bisa lakukan dua metode yang saya ingin jelaskan ini.

Biasanya muncul pesan insufficient storage available di layar Android anda, menandakan space internal sudah full sehingga tidak ada ruang lagi yang cukup untuk menginstall aplikasi baru atau melakukan update.

Jika begitu permasalahannya, maka anda bisa tempuh dua metode langsung untuk atasi space tidak cukup.

Cara pertama atasi Insufficient Storage Available Di Android.

Metode pertama paling mudah, anda bisa beli eksternal memory untuk kemudian pindahkan sejumlah data anda anggap kurang penting namun besar ukurannya dari internal memory kesitu, atau juga pindahkan konten seperti seluruh isi galeri foto dan video ke komputer, kosongkan internal storage anda dari semua konten itu. Nantinya internal memory anda lebih lapang dan siap untuk aplikasi atau konten baru lainnya.

Lihat juga cara menjadikan kamera Android sebagai webcam.

Cara kedua Insufficient Storage Available Di Android secara manual.

Anda bisa tempuh metode kedua yang cukup membantu disaat alami kehabisan space di internal storage. Yakni dengan clear data dan clear cache dari aplikasi yang terinstall di sistem Android anda miliki.

Cache berperan mempercepat transfer konten dari internal storage ke layar hp Android. Dimana CPU tidak harus melakukan request berulang untuk tampilkan konten yang anda minta, namun cukup mengambilnya dari cache yang disimpan secara berkala oleh Android anda. Karena itulah jumlah cache lambat laun makin menumpuk, bisa sampai lusinan hingga puluhan atau mungkin sampai ratusan megabyte.

Cara hapus cache semua aplikasi di internal storage Android.

  1. Buka Settings -> Storage.
  2. Lalu tap pada Cached Data seperti yang muncul digambar berikut.

    Bersihkan Cache Android Untuk Atasi Insufficient Storage Available Di Android
  3. Kemudian anda akan dapat menghapusnya cukup klik ok.

    Bersihkan Cache Untuk Lapangkan Space Android
Ingat! Cara diatas akan menghapus semua cache di semua aplikasi yang terinstall di Android anda. Jika anda hanya ingin menghapus cache pada aplikasi tertentu saja, maka berikut ini adalah caranya bisa anda ikuti.

Cara hapus cache untuk aplikasi Android tertentu saja.
  1. Anda buka Settings -> Apps -> Bisa piliha aplikasi yang ada di tab All atau Downloaded.
  2. Kemudian pilih aplikasinya, misalkan saya pilih aplikasi Adobe.
  3. Maka akan muncul halaman informasi aplikasi yang saya pilih, tinggal klik clear data dan clear cache deh.
    Bersihkan Cache Data Insufficient Storage Available Android
Cara ketiga atasi Insufficient Storage Available dengan aplikasi Android.

Anda bisa juga gunakan sebuah aplikasi jika tidak ingin repot, namanya App Cache Cleaner - 1 Tap Clean dimana ia merupaka tool cepat untuk hapuskan file-file cache aplikasi di Android anda. Cukup sekali tap maka dapat bersihkan seluruh file cache untuk dapatkan space lebih lapang. Dan aplikasi ini tidak mengharuskan anda root Android terlebih dulu alias tanpa perlu akses root.

Tool ini dapat bersihkan banyak area di memori ponsel anda. Bisa lapangkan internal memory. Alhasil internal ROM storage anda lebih lega. Bagi saya aplikasi ini cukup penting dimiliki khususnya bagi mereka yang punya masalah dengan memory di Android miliknya.

App Cache Cleaner
Jika anda ingin mencobanya silahkan install App Cache Cleaner langsung dari Google Play Store.
Kesimpulan.

Oke saya anggap cukup sudah dengan begitu anda kini bisa install aplikasi baru atau mengupdate aplikasi yang telah ada ke versi baru. Dan masalah insuficient storage available tidak akan muncul selama space masih ada. Namun perlu di ingat pastikan aplikasi yang ingin di install lebih kecil ukurannya dibanding dengan sisa space internal storage anda. Sampai jumpa di posting-posting blog Om Nagib berikutnya.