Minggu, 26 Juli 2015

Cara Menjadikan Kamera Android Sebagai Webcam

Cara menjadikan kamera Android sebagai webcam. Bagi pemilik perangkat Android, tentu sudah tahu apa saja yang bisa dilakukan dengannya. Di antaranya ialah root Android, install custom recovery, juga install ROM dan semua aktivitas yang diinginkan agar ponsel Android lebih oke lagi. Namun sudah tahukah anda bahwa smartphone Android anda bisa digunakan sebagai webcam? Gak becanda kok.

Dengan hp / tablet Android anda tidak perlu lagi memiliki webcam terpisah untuk laptop atau komputer, karena smartphone Android dapat berperan sebagai sebuah webcam untuk penuhi kebetuhan ber-cam-ria.

Setelah Android anda menjadi webcam, selanjutnya anda bisa gunakan untuk video chat, berfoto ria, dan aktivitas lainnya yang biasa dilakukan dengan webcam conventional.

IP Webcam
IP Webcam.

Untuk menjadikan hp / tablet Android anda sebagai webcam, maka anda memerlukan sebuah aplikasi webcam untuk Android bernama IP Webcam. Dari namanya saja sudah jelas, si aplikasi memungkinkan kita menghubungkan kamera hp Android menggunakan IP (Internet Protocol) ke komputer.

Dan kita tidak perlukan peralatan lainnya loh, cukup HP Android dan aplikasi ini saja kemudian sebuah komputer dengan web browser telah terinstall, dan ada jaringan internet berbasis Wi-Fi. Dan tentunya kualitas cam tergantung dengan kualitas kamera di smartphone dan tablet Android anda.

Bagaimana cara menjadikan kamera Android sebagai webcam?

  1. Anda harus install aplikasi IP Webcam dari Google Play store.
  2. Setelah terinstall maka buka aplikasi tadi, anda akan dapati antarmuka pengguna yang unik. Layar pertama isinya adalah halaman Settings dimana anda dapat melakukan setting untuk seluruh konfigurasi webcam. Seluruh opsi dalam Settings menawarkan banyak hal. Silahkan anda bereksplorasi untuk tahu lebih detil lagi.
  3. Kini scroll kebawah hingga bagian bawah halaman dan disana anda akan melihat sebuah opsi bertuliskan Start server anda tap opsi itu dan tunggu. Ia akan menyalakan server webcam untuk anda yang mana anda miliki akses untuk memulai webcam dari browser komputer atau laptop.

    Cara Jadikan Kamera Android Sebagai Webcam
  4. Di saat anda memulai server, maka aplikasi ini akan langsung menampilkan streaming data dari kamera Android. Dan pastikan anda melihat IP address di layar; kemudian catat IP address-nya karena akan diperlukan nantinya dilangkah berikutnya.

    Menjadikan Android Sebagai Webcam Komputer
  5. Kini buka browser pada komputer, kemudian ketik IP address yang tadi kemudian tekan Enter pada keyboard. Misalkan IP address anda adalah; 192.168.1.2.8080. Maka masukan ke address browser seperti ini.

    Masukan IP Webcam Address Ke Browser Komputer
  6. Langkah tadi akan membawa anda ke layar berikutnya, dimana anda akan dapat melihat camera. Di halaman ini, pilih Browser melalui area video render bersama dengan “HTML5 Wav” dari area Audio Player.

    Android Sebagai Webcam
  7. Pastikan kini anda dapat melihat kamera anda langsung dari web browser. Beres sudah anda telah jadikan kamera Android sebagai webcam.
Kemampuan ditawarkan oleh aplikasi IP Webcam.

Menu IP Webcam Jadikan Android Sebagai Webcam
Aplikasi IP Webcam menyediakan sejumlah fitur yakni kemampuan untuk rekam video, zoom-in, fokus, kualitas video dan fitur-fitur lainnya.

Posting bagus tentang cara ganti font Android tanpa root.

Menggunakan perangkat Android sebagai sebuah webcam dapat membantu anda hemat uang dibanding membeli sebuah webcam yang mahal agar gambar berkualitas.

Itulah keseluruhan cara menjadikan Android kamera sebagai webcam untuk anda praktekan.