Cara Backup Nandroid Dengan TWRP Recovery

Posted by helmi alaydrus on Kamis, Juli 30, 2015

Advertisements.

Cara backup Nandroid dengan TWRP recovery. Salah satu dari sekian keuntungan root perangkat Android ialah kita bisa menginstall sebuah custom recovery seperti TWRP (Team Win Recovery Project) atau juga CWM (ClockWorkMod) dan menikmati begitu banyak fitur sistem ekstra yang tidak akan kita dapati di stock recovery Android dari ponsel kita. Backup dan restore merupakan sebuah bagian terpenting yang dianggap serius oleh pengembang custom recovery. Dengannya kita akan miliki sebuah salinan komplit dari sistem Android ROM dan kemudian dapat merestore kapanpun kita kehendaki.

Backup komplit itu umumnya disebut backup Nandroid dan restore dimana kemampuan ini pertama kali di perkenalkan dalam ClockWorkMod recovery. Dan di sini kita akan belajar cara backup menggunakan TWRP recovery.

Backup seperti ini akan membantu kita kapan saja. Karena kita suka bereksperimen dengan mod-mod baru dari waktu ke waktu, dan untuk memastikan ponsel kita tidak bermasalah, kita melakukan backup secara teratur. Kapan saja kita dapatkan masalah atau sebuah bug major, TWRP akan dapat diandalkan untuk restore backup yanga ada. Karena melakukan setup dari awal lagi -- setelah seluruh data terhapus -- merupakan hal menjenuhkan.

Untuk gunakan TWRP anda harus memiliki root akses terlebih dulu, karena mustahil praktekan cara backup Nandroid dengan TWRP recovery tanpa akses root. Untuk itu sebaiknya ikuti terlebih dulu tutorialnya berikut ini jika smartphone atau table anda belum di root.

Info bagus lainnya.


Bagaimana cara backup Nandroid Android dengan recovery TWRP?


Seperti yang telah disinggung di awal, karena saya suka TWRP oleh karena itulah ia merupakan custom recovery yang akan digunakan pada tutorial kali ini. Kita langsung saja ke langkah-langkahnya.
  1. Masuk ke mode recovery di ponsel atau tablet Android anda.
  2. Setelah berada di mode TWRP, anda akan dapati tampilan serupa seperti di screenshot berikut ini.
  3. Tap pada tombol Backup. Maka anda akan masuk ke opsi Backup dari TWRP.
    Backup Nandroid Dengan Recovery TWRP
    Ingat untuk memilih opsi relevan yang anda inginkan, namun saya rekomendasikan untuk membiarkan setting default yang ada, jika anda tidak mengerti.
  4. Kini geser tombol swipe to backup di bagian bawah layar. Maka proses backup akan dimulai.
    Nandroid Backup Android TWRP Recovery
  5. Tunggu hingga proses backup tuntas dan selesai.
    Cara Nandroid Backup Android Dengan TWRP
  6. Tunggu hingga seluruh proses komplit dan anda akan dapati layar serupa seperti dibawah ini. Kemudian anda klik Reboot System.
    Cara Backup Nandroid TWRP Android
  7. Selesai.
Kini tinggal tunggu reboot selesai, setelah Android anda kembali menyalah, maka semuanya akan kembali seperti sediakala -- dengan sebuah backup Nandroid berisi seluruh salinan / copy dari sistem Android tersimpan aman pada internal storage anda. Itulah cara backup Nandroid dengan TWRP semoga membawa manfaat bagi rekan semua yang butuhkan tutorialnya. Dan silahkan kabarkan ke teman tentang ini.

Advertisements.

BBM Mod Android
BBM Mod AndroidUpdated: Kamis, Juli 30, 2015