Cara Root Android Dengan Framaroot

Posted by helmi alaydrus on Senin, Juli 27, 2015

Advertisements.

Ada banyak sekali tutorial tentang root Android tanpa komputer, namun hanya sedikit metode root Android yang benar-benar mudah dan amat sederhana, salah satunya ialah metode root Android dengan Framaroot.

Dan dunia Android, tidak semua pemilik perangkat berbasis OS Google itu percaya diri untuk root Android  miliknya, meskipun proses ini memiliki potensi kecil membuat Android anda brick. Dan melakukan root, bisa jadi pengalaman mahal yang menegangkana.

Untuknya para pengembang Android sudah banyak mengembangkan berbagai tool yang membuat proses root menjadi amat sangat mudah sekali, proses yang dulunya melibatkan berbagai ragam langkah dan melakukan perintah prompt kini digantikan hanya beberapa kalik klik saja. Contoh pantas selain Framaroot ialah root Android dengan Towelroot yang prosesnya amat sederhana dan mudah, nyaris semudah membalikan telapak tangan.

Framaroot merupakan sebuah aplikasi berukuran kecil yang merupakan hasil kerja seorang member senior XDA forum Alephzian, Aplikasi ini jika di install -- seperti layaknya menginstall aplikasi -- di Android anda akan memberikan anda akses root pada phone anda dengan cepat dan singkat.

Selain itu Framaroot juga menyediakan kemampuan untuk unroot Android anda, jika ternyata anda harus mengembalikan HP atau tablet Android ke kondisi unroot, maka jangan khawatir prosesnya mudah kok. Saya sertakan pula caranya di bagian bawah artikel tutorial root dengan Framaroot ini.

Cara root Android dengan Framaroot 


Persiapan.
  • Baterai sebaiknya full atau paling tidak di atas 60 persen.
  • Backup Android jika perlu.
  • Sebelum anda mengikuti langkah-langkah root, anda harus terlebih dulu melakukan enable unknown source, langkahnya ialah dengan menuju;
    Settings -> Security -> cek pada Unknown Sources agar jadinya tercentrang seperti gambar berikut ini.
    Unknown Source Android
Perlu di ingat, tindakan di atas membuat Android anda mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk di install ke Android anda. Dan kedepannya jika anda enable opsi ini pastikan anda hanya menginstall aplikasi yang terpercaya saja, khawatirnya aplikasi yang tidak jelas bisa membawa virus ke system anda.

Cara root Android tanpa PC.

Instruksinya.
  1. Download file apk Framaroot disini dengan ukuran 2.1MB.
  2. Kemudian temukan file apk dari Framaroot.
    File APK Framaroot
  3. Setelah itu install dan jalankan aplikasi Framaroot tadi pada saat posting ini saya gunakan versi Framaroot 1.4.1. Jadi apk-nya Framaroot 1.4.1.apk.

    Install Framaroot Android

    "Untuk tutorial lengkap install apk, silahkan ke cara install file apk di Android."

  4. Nah lalu ke install Superuser.
    Install SuperUser Framaroot
  5. Anda akan dapati 3 pilihan Sam, Fredo dan Aragon (di versi Framaroot lain mungkin nama-nama exploitnya berbeda, yang pasti anda harus coba yang berhasil untuk root Android anda, gitu). Pilih yang pertama dulu deh yakni Sam, jika gagal maka pilih Fredo dan jika masih gagal juga maka pilih Aragon.
  6. Misalnya saya memilih Sam, jika gagal maka akan muncul pesan seperti ini.
    Framaroot Gagal Root
  7. Seperti anda lihat, anda disuruh mencoba exploit yang lain, maka pilih dua pilihan exploit yang ada yakni Fredo dan Aragon. Jika berhasil maka akan seperti ini pesannya.
    Framaroot Berhasil Root Android Phone
  8. Nah anda telah berhasil root Android anda dengan Framaroot.

Verifikasi root Android


Setelah root berhasil di lakukan mungkin anda ingin melakukan verifikasi, untuk itu silahkan gunakan aplikasi root checker yang ada di Play Store. Setelah di install, kemudian buka aplikasi itu, lalu tekan Verify My Root di aplikasi root checker itu.

Lihat gambar cara gunakan aplikasi root checker dan bagaimana hasilnya.

Aplikasi Root Checker Cek Akses Root Android
Setelah anda mendapati bahwa Android anda telah memiliki akses root, kini anda bisa install aplikasi Chainfire SuperSu kemudian melakukan banyak hal seperti buat Nandroid Backup, backup aplikasi Android dengan Titanium Backup, install custom ROM, tambah RAM Android dan masih banyak lagi aktivitas tidak resmi yang bisa anda lakukan untuk optimalkan kinerja Android karena itulah manfaat Android.

Unroot Android di Framaroot.


Jika nantinya anda ingin unroot Android setelah berhasil di root, maka lakukan unroot langsung di Framaroot. Maka anda tinggal pilih Unroot di area SuperSU.

Unroot Android Framaroot
Itulah seluruh cara root Android dengan Framaroot juga unroot, dengan begini jika anda ingin mengganti tool root atau ingin kembalikan Andrid anda ke kondisi tanpa root karena alasan tertentu maka anda bisa manfaatkan fitur unroot yang tersedia di Framaroot. Prosesnya semudah meroot. Silahkan di coba. Semoga anda merasa bermanfaat membaca posting ini, sampai jumpa lagi di posting-posting Tips Android berikutnya.

Advertisements.

BBM Mod Android
BBM Mod AndroidUpdated: Senin, Juli 27, 2015