Cara Memaksa Sinyal 3G Dan HSDPA Di Android Gantikan Sinyal E

Posted by helmi alaydrus on Kamis, Juli 30, 2015

Advertisements.

Cara memaksa Android hanya gunakan sinyal 3G, HSDPA dan LTE saja.Saya ingin agar HP Android saya hanya menggunakan jaringan 3G atau lebih tinggi lagi yakni HSDPA (3.5G), HSDPA+ (3.75G) atau bahkan LTE. Namun tentu saja keinginan kita sering kali tidak sejalan dengan keputusan pabrikan hape dan tablet yang membuat perangkat Android kita. Biasanya mereka menyetel jaringan 2.5G (GPRS) atau 2.75G (Edge) atau juga otomatis menurut kuatnya sinyal di area kita berada.

Tindakan pabarikan itu bisa dimengerti, salah satu faktor utamanya adalah masalah baterai jika smartphone kita selalu disetel di level 3G keatas tentu akan melipat gandakan kerja sinyal kita untuk terus mencari sinyal-sinyal berlevel itu, alhasil kerja kerasnya sinyal bisa memboroskan baterai hp Android kita.

Faktor kedua juga jika anda menggunakan paket data terbatas (Limited data package), menyetelnya selalu ke level HSDPA keatas akan memakan data yang besar demi mendapatkan kecepatan super yang diharapkan, dimana transfer rata-rata cukup besar, contoh HSDPA mampu ngebut di angka 3MB perdetik. Bisa bayangkan jika anda gunakan jaringan LTE. Habis sehari jatah paket sebulan.

Aplikasi penguat sinyal 3G, Wifi, Edge di Android.

Namun sebaiknya anda gunakan cara ini jika anda gunakan paket data tak terbatas atau juga berada dalam jangkauan Wi-Fi internet unlimited dirumah anda.

Okelah tanpa banyak bicara lagi langsung kita menuju tutorialnya.

Cara memaksa Android agar terus di 3G, HSDPA, HSDP+ dan LTE

Ingat! Tidak semua perangkat Android support HSDPA, HSDPA+ dan LTE. Smartphone high-end macam Galaxy S5 keatas tentu miliki itu. Namun perangkat middle end biasanya hanya mentok di 3G, paling mujur di HSDPA. Jadi jika smartphone anda hanya ada 3G, maka pilih saja network itu.
  1. Buka Settings.

    Icon Settings Android
  2. Kemudian klik More -> Mobile Network -> Preferred Network Type.

    Merubah Sinyal Android Jadi 3G, HSDA, 4G, LTE
  3. Pilih jaringan paling tinggi, di smartphone saya hanya 3G yang paling tinggi maka saya pilih itu. Jika di smartphone anda ada 3.5G (HSDPA), 3.75G (HSDP+), 4G, LTE, maka dipilih saja ya!

  4. Setelah dipilih maka sinyal Android anda akan selalu di level tercepat.
  5. Selesai dan selamat menikmati kecepatannya.
Itulah seluruh cara agar Android anda hanya gunakan sinyal 3G, HSDPA, LTE dan sinyal cepat lainnya. Jika anda ingin kembali sinyal otomatis yang ditetapkan pabrikan ponsel anda atau kembali ke setting default maka tinggal ikuti langkah di atas lalu pilih opsi sebelum anda merubahnya. Semoga bermanfaat ya. Dan sampai jumpa lagi di posting-posting blog Om Nagib berikutnya.

Advertisements.

BBM Mod Android
BBM Mod AndroidUpdated: Kamis, Juli 30, 2015