Kamis, 30 Juli 2015

Cara Downgrade Asus Zenfone Dari Android Lollipop Ke Android KitKat

Setelah saya update Asus Zenfone 4 saya dari Android 4.4.2 ke Android 5.0 Lollipop, dan dua hari menggunakannya, akhirnya saya putuskan untuk downgrade kembali ke Android KitKat. Di karenakan terasa berat dan tombol touch screen kurang responsif, dan sering loading lama memaksa saya untuk reboot ponsel saya. Kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh spesifikasi hardware Zenfone 4 yang kurang memenuhi syarat untuk mengoperasikan Android L itu.

Alhasil saya putuskan untuk downgrade ke Android KitKat, dan semuanya terasa normal kembali, Zenfone 4 saya kembali responsif, ringan saat di operasikan dan tidak lagi alami loading lama, saya kembali senang deh.

Android 5.0 Lollipop memang OS yang dahsyat, akan tetapi ia memerlukan lingkunan hardware yang canggih pula untuk dapat berjalan dan tampil optimal. Keberadaannya di smartphone low-end seperti Asus Zenfone 4 milik saya malah mengurangi kemampuannya.

Dan hal saya mungkin dialami oleh rekan-rekan pengguna Asus Zenfone 4 yang lain dimana, mereka tengah dirundung masalah-masalah yang saya sebutkan diatas setelah upgrade ke Android 5.0 Lollipop pada seri 4 Zenfone mereka.

Jika anda ingin menempuh jalur yang saya lakukan, yakni downgrade, maka langkah-langkahnya akan anda temui disini, dan tergolong amatlah mudah siapapun bisa melakukannya. Karena pihak Asus telah membuatnya mudah di ikuti oleh pengguna produknya entah itu pemula, newbie maupun yang sudah pakar. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja, setelah itu anda dapat mendowngrade Asus Zenfone 4 anda kembali ke Android KitKat.

Android Lollipop Ke Android KitKat Asus Zenfone 4

Cara downgrade Asus Zenfone 4 ke Android KitKat (4.4.2)

Ingat.

  • Anda harus install firmware ini ke SKU yang sama. Misalnya WW->WW, CN->CN, TW->TW.
  • Update software tidak bisa transfer  SKU software dan downgrade ke versi software.
  • Imej downgrade hanya mengembalikan ke versi KK terbaru.
  • Setelah downgrade OTA, perangkat anda akan melakukan factory reset secara otomatis, kemudian melakukan restart juga otomatis guna menyempurnakan proses update.
  • Upgrade / update sistem ini mungkin akan menyebabkan sebagian data hilang, oleh karenanya anda harus melakukan bacakup terlebih dahulu sebelum melakukan downgrade.
File firmware untuk downgrade ke versi Android 4.4.2 (KitKat).
  • Download ASUS ZenFone 4(A400CG) downgrade SOP (Downgrade dari Lollipop (L) ke KitKat (KK)), V9.9.9.0 hanya untuk WW SKU* (805.76 MB).
  • Download ASUS ZenFone 4(A400CG) downgrade SOP (Downgrade dari Lollipop (L) ke KitKat (KK)), V9.9.9.0 hanya untuk CHT SKU* (866.87 MB).
Langkah downgrade Asus Zenfone dari Android Lollipop ke Android KitKat.
  1. Download firmwarenya diatas kekomputer, sesuai SKU ponsel anda, misalkan WW, CN, TW. File downgradenya berformat kurang lebih seperti ini; UL-ASUS_T00I-WW-9.9.9.0-user.zip
  2. Kemudian konek Asus Zenfone 4 ke komputer gunakan kabel USB. Anda harus gunakan MTP untuk menghubungkan A400L (Asus Zenfone 4) ke PC. (Enable MTP dengan menuju Setting-->Storage--> tekan icon USB di  pojok kanan atas --> Enable MTP)
  3. Copy / transfer file (V9.9.9.0-user.zip) tadi ke internal storage ASus Zenfone anda.
  4. Setelah file berhasil di pindah, maka copot kabel USB dari smartphone anda, kemudian anda akan dapati pemberitahuan upgrade di home screen Asus Zenfone. Maka lakukan downgrade. Hingga tuntas selesai.
  5. Setelah proses downgrade selesai, Asus Zenfone 4 anda akan reboot secara otomatis untuk kemudian melakukan factory reset.
Setelah selesai, silahkan menuju Settings->About-> software information->Build number. Versinya harus V6.6.3.

Itulah keseluruhan cara downgrade Android Lollipop ke Android KitKat untuk Asus Zenfone 4. Semoga anda menemukan posting ini bermanfaat untuk anda. Jika anda ingin bertanya silahkan tulis di area komentar.