Cara Memperbaiki Android Bootloop Untuk Root & Non-Rooted

Posted by helmi alaydrus on Sabtu, Agustus 20, 2016

Advertisements.

Cara memperbaiki Android bootloop bagi anda yang ingin handset Android kembali seperti sediakala. Membenahi Android bootloop bukan perkara sulit. Dan cara mengatasi Android bootloop di sini bisa di terapkan hampir disemua ponsel berbasis OS Android baik root dan non-rooted.

Jika anda sering modding Android anda, maka besar kemungkinan, anda akan menemukan bootloop / boot loop. Karena begitu banyak custom ROM berbeda, mod dan kernel berkumpul.

Dan bootloop merupakan efek tidak menguntungkan yang biasanya terjadi jika begitu keadaannya, bagi pengguna Android yang sudah pengalaman. Kondisi bootloop Android bisa diatasi dengan mudah. Namun bagaimana dengan newbie?

Jika anda tengah di hinggapi masalah Android bootloop maka posting ini berisi kumpulan cara untuk mengatasinya. Dan beberapa teman saya pernah mengalami Android bootloop. Namun mereka bisa terbebas darinya. Karena solusi untuk atasi bootloop Android banyak dan karena anda terhubung dengan internet anda bisa mencarinya. Karenanya anda ada disini.

Okelah tanpa basa-basi mari kita lihat cara memperbaiki Android bootloop di root maupun non-rooted Android.

Cara Memperbaiki Android Bootloop Untuk Root & Non-Rooted

Cara benahi Android bootloop untuk handphone non-rooted.

Silahkan di baca pula Cara Enable USB Debugging Mode.

Langkah 1. Langkah pertama anda lakukan guna mengatasi bootloop Android yakni dengan mencopot baterai handphone / tablet Android. Setelah di copot tunggu beberapa menit sebelum anda memasukannya kembali.

Ingat! Bagi mereka yang memiliki handphone yang tidak bisa di copot baterainya, maka caranya dengan mematikan handphonenya kurang lebih selama 5 menit. Di handphone jenis ini sama saja mencopot baterai karena prosesnya sama halnya seperti memutuskan terminal listrik dan kemudian nyalakan kembali. Durasi selama 5 menit merupakan waktu aman. Dan durasi ini paling direkomendasikan.

Langkah 2. Boot ke mode recovery. Langkah-langkah masuk ke mode recovery bisa berbeda di setiap handphone, saya tidak akan menyertakan semua caranya disini, maka anda harus mengetahuinya sendiri. Contohnya jika handphone anda Asus ZenFone setelah HP mati kemudian tekan kedua tombol ini; Power + Vol Up dan tetap tekan hingga muncul logo Asus maka lepas hanya tombol Power saja. Jika ponsel anda Samsung maka tekan Volume Up + Home + Power bersamaan.

Langkah 3. Setelah berada di mode recovery / recovery mode maka menuju Wipe data / factory reset dan pilih opsi itu.
Cara Factory Reset Asus ZenFone
Contoh gambar Factory Reset untuk Asus ZenFone

Langkah 4. Ketiga langkah di atas seharusnya sudah dapat memperbaiki hape anda yang dihinggapi Android bootloop. Namun jika ternyata belum maka anda harus melakukan wipe cache partition.

Langkah 5. Setelah itu kembali ke menu utama / main menu dan kemudian reboot dengan memilih reboot system now.

Baca juga cara atasi bootloop di Asus Zenfone.

Cara memperbaiki Android bootloop di handphone root.

Jika Android anda di root dan gunakan custom recovery seperti CWM/TWRP/Dsbnya, maka langkah-langkahnya sedikit berbeda.

Lihat juga cara root Android tanpa PC dan cara Nandroid backup via TWRP.
  1. Harus mencabut baterai juga, namun untuk handphone root durasinya hanya sekitar 30 detik.
  2. Kemudian boot ke recovery mode (CWM / TWRP) dengan menekan kombinasi tombol menurut handphone yang anda gunakan.
  3. Setelah berhasil masuk ke CWM/TWRP recovery maka pilih Advanced > Wipe > dalvik cache sebelum menuju Mounts & Storage > Wipe /cache.
    Wipe Dalvik Cache
    CWM Wipe Cache Parition
  4. Nah sekarang saatnya untuk reboot Android anda.
  5. Dan Android bootloop akan hilang. Jika tidak ulangi lagi langkah 3, dimana kamu akan Mounts & Storage > Wipe /data > Wipe /cache sebelum reboot.
Baca juga cara update versi Android.

Beres sudah semoga cara ini bisa memperbaiki Android bootloop yang kini tengah mengganggu.

Advertisements.

BBM Mod Android
BBM Mod AndroidUpdated: Sabtu, Agustus 20, 2016

0 komentar:

Poskan Komentar